wellcome back kewl desu

wuuuhuuuu akhirnya setelah 3 tahun merantau jadi bang toyib cilik.. kembali lagi….

Iklan

Allah SWT always Love YOu…..

Jika kau merasa lelah dan tak berdaya 
dari usahayang sepertinya sia-sia
Allah SWT tahu betapa keras engkau sudah berusaha 
Ketika kau sudah menangis sekian lama 
dan hatimu masih terasa pedih
Allah SWT sudah menghitung air matamu 
Ketika kau fikir bahwa hidupmu sedang menunggu sesuatu
dan waktu serasa berjalan begitu saja
Alah SWT sedang menunggu bersamamu
 
Ketika kau berfikir bahwa kau sudah mencoba segalanya 
dan tidak tahu hendak berbuat apa lagi
Allah SWT sudah punya jawabanya. 
Ketika segala sesuatu menjadi tidak masuk akal
dan kau merasa tertekan
Allah SWT dapat menenangkanmu.  
Ketika kau merasa sendirian dan 
teman-temanmu terlalu sibuk untuk menelpon
Allah SWT selalu berada disampingmu

Ketika kau menambakan sebuah cinta sejati 
yang tak kunjung datang
Allah SWT mempunyai Cinta dan Kasih yan lebih besar
dari segalanya dan Dia telah menciptakan seseorang
yang akan menjadi pasangan hidupmu kelak

Ketika kau merasa bahwa kau mencintai sesorang,
namun kau tahu cintamu tak terbalas
Allah SWT tahu apa yang ada di depanmu dan
Dia sedang mempersiapkan segala yang terbaik untukmu. 
Ketika kau merasa telah dikhianati dan dikecewakan
Allah SWT dapat menyembuhkan lukamu 
dan membuatmu tersenyum 
 Jika tiba-tiba kau dapat melihat jejak-jejak harapan
Allah SWT sedang berbisik kepadamu 
Ketika segala sesuatu berjalan lancar dan
kau merasa ingin mengucap syukur
Allah SWT telah memberkahimu 
Ketika sesuatu yang indah terjadi 
dan kau dipenuhi ketakjuban
Allah SWT telah tersenyum padamu. 
Ketika kau memiliki tujuan untuk dipenuhi 
dan mimpi untuk digenapi
Allah SWT sudah membuka matamu 
dan memanggilmu dengan namamu 
Ingat dimanapun kau atau kemanapun kau menghadap
Allah SWT Maha Mengetahui.

hmmmm (ngacoooo)

walah ….

dah lama nieh ga nulis di wordpress ini. banyak banget kejadian yang terjadi selama gw ga nulis dari hal yang menyenangkan sampe yang menyedihkan. duh 2 minggu ini hati gw lagi kelabu banget ternyata susah yah ngelupain orang yang kita sayang biarpun gw ga tau dia masih sayang ma gw or malah bodo amat ma gw…

semester ini gw pusing gilaaa… dari tugas yang menumpuk, mau magang dimana, mau skripsi or kompre sampe urusan cinta yang pupus (hehehe lebay deh gw)…semua nyampur jadi satu dalam otak gw….gila mengila bisa2 nieh…

Ya Allah Mudahkanlah segala urusanku, lapangkan hatiku, tenangkan jiwaku. Amien…

yoooo

peace..love…gaul…respesct

Flashback to 22th years ago (definition of my name)

Minggu, 14 September 2008 pukul 04.30 sama persis seperti hari minggu, 14 September 1986 pukul 05.00 or pada waktu itu pas azan subuh lahir seorang putri yang cute, imut n luchu bernama Arafah. Give Thanks to Allah SWT karena rahmat dan kasih sayang-Nya gw masih bisa menghirup udara pagi yang segar dan menyapa seluruh alam.

Banyak orang sekitar gw apalagi yang baru kenal kebanyakan pada nanya lo lahir beneran di Padang Arafah yang ada di Arab Saudi ya? cape deh. begini nieh ceritanya, jadi asal usul gw di kasih nama Arafah sama almarhum Bokap gw yang tercinta adalah malam sebelum gw lahir bokap gw bermimpi (dapet wangsit ceritanya nieh mhehehehe) kalo dia lagi menunaikan ibadah Haji n sedang berada di Padang Arafah untuk lempar Jumrah bukannya gw lahir di Arab Saudi sana (mungkin itu gw anggap doa aje kali ya semoga bisa naik haji).

Tapi sampai sekarang gw ga ngerti arti sesungguhnya nama gw itu apa, mau gw tanya orang yang kasih gw nama udah Almarhum n mau tanya ke nyokap jawabnya pasti cerita kayak diatas lagi. menurut pemikiran gw yang TOP BGT ini yang ngarep-ngarep kalo bener di dalam Al-Qur’an kan ada surat yang namanya Al-‘Araf atau yang artinya Tempat tertinggi. nah mungkin arti nama gw itu adalah suatu doa dari ortu gw semoga gw selalu mendapatkan tempat yang tinggi di mata Allah SWT (maksudnya amal n taqwa gw githu….sotoy bgt yaaa). or ada yang tau arti sebenernya nama gw????

sebagai renungan untuk diri sendiri sekarang umur gw dah makin b’tambah belum banyak yang bisa gw lakuin untuk aktualisasi diri gw, untuk agama gw, ngabahagiain ortu gw, untuk lingkungan gw yang kalo gw pikir2 jadi pusing sendiri (haaayaaah kenapa harus di pikirin booo jalaninin aja n fokus tapi jangan ngeyel).

Wellcome to the jungel, begitu kata temen gw pas ngucapin met ultah kemarin. menurut dia umur 21, 22, 23 merupakan umur yang paling banyak cobaannya dari segala sisi kehidupan. gw sieh belum percaya bener, belum ada sehari umur gw 22 eh dah ada aja masalah (……keep secret mhehehehe). kayaknya pendapat temen gw perlu di lakukan penelitian secara mendalam pake metode wawancara mendalam dengan menggunakan metodologi Penelitian kualitataif (haayah kok jadi ngomongin kuliah sieh) kepada setiap renponden yang dicurigai pernah mengalami hal serupa.

intinya selamat datang di umur yang baru n ingat jangan terlalu senang bukan umurnya yang bertambah tapi berkurang n mendakiti ajal untuk kembali kepada Allah SWT buat mempertanggung jawabkan semua yang telah gw lakuin (bedeh berat bahasa gw mhehehehe….fokus…fokus…). yang pastinya gw harus mengencangkan ikat pinggang coz kedepan makin banyak cobaan yang harus gw hadapin supay gw belajar untuk lebih mengerti arti hidup ini.

sekian dan terima kasih

yuks tata bubye….

peace…love…gaul….respect..

what happen with Sindrom PMS (Pramenstruasi)

artikel ini gw ambil dari http://femona.com. kenapa gw mau nulis tentang ini coz setiap wanita dunia pasti pernah mengalami PMS yang pasti ga enak banget bikin masalah kecil jadi besar, berasa dunia ga hidup dah n buat orang sekeliling kita jadi ikutan BT karna kita uring2an ga jelas (hehehehehe pengalaman pribadi nieh). yuks kita mulai aja

PMS (Premenstrual Syndrome) atau Sindrom Pra Menstruasi adalah gejala fisik, psikis/emosional dan tingkah laku yang sering terjadi sebelum siklus menstruasi pada wanita. Gejala-gejala PMS ini terjadi 7 – 14 hari sebelum datangnya haid dan akan hilang bila mulai haid. PMS terjadi pada siklus menstruasi wanita di setiap usia, biasanya pada wanita usia 14 – 50 tahun.

PENYEBAB PMS ?
Penyebab pasti dari PMS belum dapat diketahui secara jelas, berdasarkan riset medis yang telah dilakukan penyebab PMS mengarah pada perubahan tingkat hormon yang terjadi pada masa sebelum haid. Salah satunya adalah peranan dari hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron. PMS terjadi pada rentang waktu hidup antara pubertas dan menopause, masa ketika ovarium bekerja untuk menghasilkan hormon estrogen. Wanita yang tidak berovulasi tidak mengalami PMS dan biasanya setelah mengalami kehamilan wanita akan sembuh dari PMS.
Riset menunjukan bahwa PMS menjadi lebih bermasalah di awal dan akhir fase siklus reproduksi (yaitu pada pubertas dan menopause) dan saat masa kehamilan dan kelahiran anak seperti saat siklus menstruasi pada awalnya. (www.midlife-passages.com)

Beberapa teori penyebab PMS : (www.SixWise.com)

  • Berhubungan dengan hipoglikemia (kadar gula darah rendah yang abnormal/hypothyroid)
  • Berhubungan dengan hormon pituitari, prostaglandin, dan neurotransmitter di otak
  • Karena kurang asupan vitamin B, Kalsium dan Magnesium

Penyebab pasti munculnya sindrom ini memang belum jelas. Beberapa teori menyebutkan antara lain karena faktor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Teori lain mengatakan, karena hormon estrogen yang berlebihan (estrogen dominan). Salah satu kemungkinan yang kini sedang diselidiki adalah adanya perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel. Kemungkinan lain, itu berhubungan dengan gangguan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial, atau fungsi serotonin yang dialami penderita.
PMS biasanya lebih mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid.

Faktor – Faktor yang meningkatkan resiko terjadinya PMS
Wanita yang pernah melahirkan (PMS semakin berat setelah melahirkan beberapa anak, terutama bila pernah mengalami kehamilan dengan komplikasi seperti toksima).

  • Status perkawinan (wanita yang sudah menikah lebih banyak mengalami PMS dibandingkan yang belum)
  • Usia (PMS semakin sering dan mengganggu dengan bertambahnya usia, terutama antara usia 30 – 45 tahun)
  • Stres (faktor stres memperberat gangguan PMS)
  • Diet (faktor kebiasaan makan, seperti tinggi gula, garam, kopi, teh, coklat, minuman bersoda, produk susu, makanan olahan, memperberat gejala PMS)
  • Kekurangan zat-zat gizi seperti kurang vitamin B (terutama B6), vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat memperberat gejala PMS
  • Kegiatan fisik (kurang berolahraga dan aktivitas fisik menyebabkan semakin beratnya PMS)

Tipe PMS dan gejalanya
Dr. Guy E. Abraham, ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran UCLA, AS, membagi PMS menurut gejalanya yakni PMS tipe A, H, C, dan D. 80% gangguan PMS termasuk tipe A. Penderita tipe H sekitar 60%, PMS C 40%, dan PMS D 20%. Kadang-kadang seorang wanita mengalami gejala gabungan, misalnya tipe A dan D secara bersamaan.

PMS tipe A (anxiety)
Ditandai dengan gejala seperti rasa cemas, sensitif, saraf tegang, perasaan labil. Bahkan beberapa wanita mengalami depresi ringan sampai sedang saat sebelum mendapat haid. Gejala ini timbul akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron: hormon estrogen terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon progesteron. Pemberian hormon progesteron kadang dilakukan untuk mengurangi gejala, tetapi beberapa peneliti mengatakan, pada penderita PMS bisa jadi kekurangan vitamin B6 dan magnesium. Penderita PMS A sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan berserat dan mengurangi atau membatasi minum kopi.

PMS tipe H (hyperhydration)
Memiliki gejala edema (pembengkakan), perut kembung, nyeri pada buah dada, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan sebelum haid. Gejala tipe ini dapat juga dirasakan bersamaan dengan tipe PMS lain. Pembengkakan itu terjadi akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) karena tingginya asupan garam atau gula pada diet penderita. Pemberian obat diuretika untuk mengurangi retensi (penimbunan) air dan natrium pada tubuh hanya mengurangi gejala yang ada. Untuk mencegah terjadinya gejala ini penderita dianjurkan mengurangi asupan garam dan gula pada diet makanan serta membatasi minum sehari-hari.

PMS tipe C (craving)
Ditandai dengan rasa lapar ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis (biasanya coklat) dan karbohidrat sederhana (biasanya gula). Pada umumnya sekitar 20 menit setelah menyantap gula dalam jumlah banyak, timbul gejala hipoglikemia seperti kelelahan, jantung berdebar, pusing kepala yang terkadang sampai pingsan. Hipoglikemia timbul karena pengeluaran hormon insulin dalam tubuh meningkat. Rasa ingin menyantap makanan manis dapat disebabkan oleh stres, tinggi garam dalam diet makanan, tidak terpenuhinya asam lemak esensial (omega 6), atau kurangnya magnesium.

PMS tipe D (depression)
Ditandai dengan gejala rasa depresi, ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sulit dalam mengucapkan kata-kata (verbalisasi), bahkan kadang-kadang muncul rasa ingin bunuh diri atau mencoba bunuh diri. Penyebabnya karena rendahnya kadar neurotransmitter di sistem saraf pusat. Ini karena peningkatan gangguan neurotransmiter sebagai hasil dari penurunan kadar estrogen (Kontras dengan PMS A yang menunjukkan hasil yang berlawanan). Turunnya pengeluaran estrogen ovarian dihubungkan pada suatu peningkatan dorongan tekanan pada sekresi androgen adrenal dan progesteron. Biasanya PMS tipe D berlangsung bersamaan dengan PMS tipe A, hanya sekitar 3% dari seluruh tipe PMS benar-benar murni tipe D.

PMS tipe D murni
Disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen, di mana hormon progesteron dalam siklus haid terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon estrogennya. Kombinasi PMS tipe D dan tipe A dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu stres, kekurangan asam amino tyrosine, penyerapan dan penyimpanan timbal di tubuh, atau kekurangan magnesium dan vitamin B (terutama B6). Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dan magnesium dapat membantu mengatasi gangguan PMS tipe D yang terjadi bersamaan dengan PMS tipe A.

Untuk mengatasi PMS, biasanya dokter memberikan pengobatan diuretika untuk mengatasi retensi cairan atau edema (pembengkakan) pada kaki dan tangan. Pemberian hormon progesteron dosis kecil dapat dilakukan selama 8 – 10 hari sebelum haid untuk mengimbangi kelebihan relatif estrogen. Pemberian hormon testosteron dalam bentuk methiltestosteron sebagai tablet isap dapat pula diberikan untuk mengurangi kelebihan estrogen. (Intisari On the Net, Dr. Elvina Karyadi, MSc, Ahli Gizi Masyarakat, SEAMEO Tropmed UI).

Di tubuh setiap wanita terdapat hormon pria dan hormon wanita yang diatur seimbang secara alami oleh tubuh. Adapun peningkatan level hormon pria menyebabkan peningkatan prolaktin (hormon yang bertanggung jawab atas produksi ASI) menyebabkan keterlambatan ovulasi dan menurunkan level progesteron yang menyebabkan PMS. Studi yang dilakukan di Duke University, Univ of South California dan banyak institusi yang lain menunjukkan bahwa dengan menekan ovulasi juga dapat menekan PMS (dengan menghambat kelenjar pituitari dengan estrogen) .

Kita tahu bahwa gejala fisik pada PMS dapat juga disebabkan oleh suatu gangguan yang disebut “Endometriosis” yaitu suatu keadaan yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dimana jaringan yang menyerupai dan beraksi seperti lapisan rahim berada di luar rahim dalam tulang panggul. Saat menstruasi, jaringan ini mengalami pendarahan ringan. Darah mengiritasi jaringan yang terdekat yang menimbulkan rasa sakit.

Sebagai tambahan banyak masalah kesehatan yang terkait dengan PMS yang dapat menyebabkan gejala yang sama. Sebagai contoh, perubahan fibrositas payudara, yang berupa benjolan (bukan kanker) payudara menjadi bengkak dan sakit dan makin sensitif, payudara membengkak sering terjadi saat PMS. Kesimpulannya, definisi mekanisme PMS terjadinya penyebab PMS dapat disederhanakan bahwa PMS merupakan hasil dari kurang sempurnanya proses ovulasi. Kondisi ini menghasilkan suatu ovulasi yang kurang sempurna merupakan hasil dari ketidakseimbangan hormon. Penelitian menyimpulkan definisi ini dengan penemuan yang menunjukkan bahwa respon PMS mungkin disebabkan karena cara estrogen dan progesteron (hormon menstruasi) berinteraksi dengan senyawa kimia lain yang dihasilkan oleh otak.

Ada bukti baru yang menunjukan bahwa rendahnya kadar serotonin, suatu senyawa kimia penting yang diproduksi oleh otak mungkin pada kenyataannya merupakan penyebab utama respon PMS. Serotonin adalah pemain kunci yang berperan pada banyak proses tubuh dan siklus. Serotonin membantu siklus tidur dan metabolisme karbohidrat dan mempengaruhi pengaturan dari estrogen dan progesteron. Wanita dengan PMS disebabkan karena memliki kadar serotonin yang rendah dan bervarietas – suatu kondisi yang dapat menyebabkan ovulasi tertunda atau lebih awal dan memicu suatu ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Yang perlu digaris bawahi bahwa serotonin mempengaruhi ovulasi dan suatu ovulasi yang kurang sempurna menurunkan kadar serotonin di otak yang menyebabkan siklus yang hebat yang dikenal sebagai PMS.

Penjelasan mengenai “Ovulasi yang kurang sempurna” memperkuat terapi hormon yang sukses digunakan untuk menekan dan mengatur ovulasi dan mengkoreksi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan gejala PMS. Dan sejak stres dikenal dapat mengacaukan pola ovulatori, teori ini menempatkan stres suatu faktor utama pada penyebab PMS.

Suatu Siklus
Siklus menstruasi yang biasanya terjadi adalah 28 hari. Pada pertengahan siklus (sekitar hari ke-14), produksi dari LTH-Luteinizing Hormon (Hormon yang bertanggung jawab terhadap ovulasi) menekan, yang memicu ovulasi. Selama masa separuh ke-2 dari siklus menstruasi (sekitar hari ke-14 sampai hari ke-28), jika keseimbangan hormon estrogen dan progesteron stabil, maka PMS tidak akan muncul. Bagaimanapun bila kadar progesteron tidak normal, kadar serotonin dapat dipicu menjadi turun dan tertekan.
Selama apa yang saya definisikan sebagai suatu siklus mensruasi yang abnormal. Ada suatu perubahan pada pola sekresi kelenjar pituitari (sebuah kelenjar utama di otak yang memproduksi hormon yang dapat merangsang tiroid, kelenjar adrenalin, ovarium, otot halus dan ginjal). Ini mengubah pola sekresi kelenjar pituitari yang akan menyebabkan hormon menekan kejadian yang lain terlalu awal (sekitar hari ke-11) atau lebih lambat (sekitar hari ke-18). Selama waktu ini, kadar progesteron juga akan menurun dibandingkan dengan kadar estrogen. Ketidakseimbangan ini menyebabkan gejala PMS yang menganggu bahkan terasa sakit.

PMS dan Keinginan Menekan
Ada suatu teori yaitu gejala umum PMS seperti peningkatan untuk mengkonsumsi karbohidrat disebabkan karena kadar serotonin yang rendah. Teorinya adalah saat kadar serotonin rendah, otak mengirim sinyal ke tubuh untuk makan karbohidrat, dimana untuk merangsang produksi serotonin dari yang alami dengan asam amino building block. Pada kasus ini wanita ingin mengetahui mengapa nafsu makan mereka menjadi tidak terkontrol dan semangat hilang selama PMS, semua faktor sekuat kekuatan senyawa kimia otak dan produksi hormon mempengaruhi tingkah laku dan nafsu makan secara psikis .

Seorang penderita PMS menceritakan ,”Saya bengkak, kembung dan BB saya meningkat 5-10 pounds setiap bulannya. Bahkan saya memiliki pakaian khusus yang saya simpan saat PMS tiba. Saya merasa gemuk dan mengembang, dan rasanya seperti ada monster kelaparan dalam tubuh saya yang sangat ingin untuk diberi makan. Segera saat menstruasi mulai, monsternya juga pergi, dan selera makan saya normal kembali. Bagaimanapun, tiap bulan adalah suatu siklus yang hebat. Dan ini makin menyulitkan saya untuk menstabilkan BB dan merawat suatu image tubuh yang positif.
Walaupun ada suatu pembuktian ilmiah bagi peningkatan nafsu makan dan mengidamkan makanan terkait dengan PMS, ada suatu nilai yang khusus berikut, diet khusus yang diatur secara perorangan bagi penderita PMS. Menolak gula, garam dan komposisi lemak umumnya membantu mengurangi kembung dan kenaikkan BB , juga menghindari kafein, gula, nikotin dan alkohol mengurangi iritasi dan meningkatkan pola tidur. Jenis makanan yang direkomendasikan bagi penderita PMS bervariasi dari tiap wanita, dan karena wanita yang mengalami PMS dapat memiliki kondisi utama lain seperti hipoglikemia dan tekanan darah tinggi, pengaturan dan penilaian khusus perlu diprioritaskan untuk membuat suatu rekomendasi makanan.

Apa Yang Dikerjakan Dalam Pengaturan PMS ?
Ada berbagai pilihan pengaturan, yang paling harus diperhatikan adalah berhati-hati dalam memonitor gejala individu. Karena siklus menstruasi dan gejala PMS bervariasi, maka penyebabnya harus dikenali terlebih dahulu sebelum mengambil suatu tindakan penyembuhan. Alasan dari perhatian adalah efek yang paling positif dapat memperpendek hidup dan pengaturan variasi dibutuhkan untuk hasil yang baik untuk dilanjutkan.
Sebuah artikel di New England Journal of Medicine menemukan bahwa wanita yang menderita PMS juga sering didapatkan memiliki kondisi tiroid rendah. Kondisi ini dapat tak tertutup oleh tes yang dikhususkan, dan pengaturan dari kondisi tiroid yang rendah dapat mengurangi gejala PMS.

Latihan aerobik yang teratur (sesi 1 jam 3-5 kali seminggu) adalah suatu hal bermanfaat dan dapat mengurangi gejala PMS karena dapat meningkatkan produksi dari endorfin (pembunuh rasa sakit alami tubuh), dimana hal ini dapat meningkatkan kadar serotonin. Latihan aerobik yang teratur juga mengurangi stres dan meningkatkan pola tidur yang teratur. Vitamin dan suplemen mineral khususnya vitamin B6 dan E juga kalsium dan magnesium sering efektif untuk mengurangi gejala PMS seperti payudara sensitif dan kembung. Teknik relaksasi tertentu seperti latihan menarik nafas dalam-dalam atau visualisasi dan bio-feedback juga bukti terapetik dalam pengurangan gejala PMS. Latihan fisik meningkatkan tone simpatetik, suatu kondisi yang menurunkan detak jantung dan mengurangi sensasi cemas.
Bagi beberapa wanita penderita PMS, pengobatan dengan obat yang diresepkan merupakan hal yang sangat efektif dalam pengaturan respon tiap individu. Sebagai contoh, Spironolakton, suatu pengobatan yang menghambat hormon yang bertanggung jawab terhadap kembung dan kenaikan BB, dapat menyembuhkan gejala PMS ini dan mengurangi akibat penimbunan air. Pengobatan tekanan darah dikenal sebagai beta blocker bekerja berlawanan dengan kerja adrenalin pada tubuh dan telah terbukti efektif dalam pengaturan serangan rasa cemas yang terkait dengan PMS.
Pada kasus tertentu, terapi pengaturan kelahiran – dalam bentuk kontrasepsi oral – digunakan untuk menekan dan mengatur juga mengurangi gejala PMS secara keseluruan. Sejak progesteron sintetis digunakan sebagai pil pengatur kelahiran, telah menunjukan hal ini merupakan penyebab PMS, perawatan yang besar dan pengalaman diperlukan dalam pengaturan terapi ini.
Pengaturan lain meliputi antidepresi seperti Prozac, Paxil, Sarafem dan Zoloft, yang meningkatkan kadar serotonin. Pengobatan ini terbukti sangat efektif dalam pengaturan gejala PMS karena mereka menghambat macetnya serotonin di otak dan meningkatkan jumlah serotonin saat ini.

Pada situasi yang jarang terjadi dimana gejala PMS makin bertambah parah, kondisi ini tidak teratasi dengan banyak pengobatan atau terapi lain dan saat kehamilan adalah bukan suatu hal yang obyektif, suatu prosedur pembedahan meliputi suatu pengangkatan separuh indung telur dapat disarankan. Hal ini pastinya baik pada kasus yang berat, pembedahan ini membuat wanita hidup bebas dari PMS.
Tiap wanita adalah unik – seperti keseimbangan hormon tubuh yang baik. Pengaturan dan penilaian PMS sebaiknya dilakukan oleh seorang dokter ahli yang berpengalaman dan mengkhususkan pada masalah ini. PMS tidak hilang secara instan. Akan selalu ada suatu hari yang baik, lebih baik dan paling baik, tetapi dengan mengontrol PMS dan mempelajari bagaimana hidup dalam kehidupan di bawah awan hitam PMS. Adalah sangat mungkin untuk belajar bagaimana merasa lebih baik sepanjang bulan. (www.midlife-passages.com)

PREMENSTRUAL DYSPHORIC DISORDER (PMDD)
Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologist sedikitnya 85% dari wanita menstruasi mengalami paling sedikit 1 dari gejala PMS pada siklus menstruasi tiap bulannya. Mereka mengalami gejala PMS mulai dari yang ringan yang tidak membutuhkan perawatan hingga yang lebih parah bahkan yang lebih parah dari PMS yang disebut PreMenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). (womenshealth.gov US Dept of Health and Human Services, Office on Women’s Health)

Banyak kontroversi mengenai PreMenstrual Dysphoric Disorder (PMDD) dan apakah hal ini merupakan suatu gangguan. PMDD meliputi seluruh gejala PMS tetapi lebih ekstrim dimana saat PMS wanita merasa sedih, saat PMDD wanita sampai merasakan keinginan untuk bunuh diri. Hal ini terjadi dimanapun pada 3% – 9% wanita.
“Hal ini adalah suatu kondisi biologis yang nyata dimana wanita yang mengalaminya membutuhkan perawatan khusus yang efektif,” demikian pernyataan dari Jean Endicott, PhD, Direktur Bagian Evaluasi PreMenstrual di Columbia Presbyterian Medical Center. (www.SixWise.com)
PMDD juga bisa diindikasikan sebagai gejala PMS yang sering terjadi pada wanita:

  • Berusia 20 – 40 tahun
  • Memiliki sedikitnya seorang anak
  • Memiliki sejarah keluarga depresi
  • Pernah mengalami sejarah depresi setelah melahirkan atau gangguan mood

PMDD juga dapat diindikasikan sebagai suatu bukti bahwa senyawa kimia otak yang disebut serotonin memegang peranan sebagai penyebab yang memperparah PMS.

Gejala-gejala utama PMDD yang dapat terjadi meliputi :

  • Rasa sedih, tidak berdaya hingga keinginan untuk bunuh diri
  • Rasa tertekan, gelisah
  • Sering panik
  • Mood yang berubah-ubah, tiba-tiba menangis tanpa sebab yang jelas

Bagaimanapun, sebagian ahli percaya dengan PMDD dan ahli yang lainnya menyatakan PMDD bukanlah suatu hal yang nyata, dan hal tsb menyebabkan wanita memang sangat membutuhkan perhatian dan perawatan. (womenshealth.gov US Dept of Health and Human Services, Office on Women’s Health)

Secara medis, ketidakteraturan ini sering diobati dengan memperkenalkan (seringkali buatan/sintetis) hormon ke dalam sistem tubuh wanita. Hormon-hormon dari luar ini akan mengatur siklus menstruasi dengan menolak atau mengesampingkan ritme alami tubuh. Namun Terapi Sulih Hormon (TSH) ini selain telah terbukti beresiko terhadap serangan jantung, kanker, strok dan lain sebagainya, penggunaan dalam jangka waktu yang lama juga akan membuat kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon sendiri semakin menurun sehingga tubuh tidak mendapatkan suplay hormon sesuai kebutuhan.
Itulah sebabnya mengapa semakin banyak wanita memilih untuk meninggalkan TSH dan semakin banyak dokter yang merekomendasikan Lepidium Peruvianum Chacon sebagai suatu alternatif untuk mendapatkan keseimbangan hormon secara alami. Apa yang membuat Lepidium Peruvianum Chacon begitu efektif adalah bukan karena masuknya hormon dari luar, karena Lepidium Peruvianum Chacon memang bukan hormon dan tidak mengandung hormon, tetapi karena kemampuannya meningkatkan nutrisi kelenjar-kelenjar dalam tubuh untuk berfungsi optimal sesuai dengan persyaratan khas masing-masing individu.

Dengan kandungan 100% Lepidium Peruvianum Chacon organik, FEMONA menghadirkan seluruh khasiat dan manfaat Lepidium Peruvianum Chacon terutama pada peran besarnya dalam menyeimbangkan hormon tubuh serta khasiatnya dalam mengatasi berbagai gangguan karena ketidakseimbangan hormon termasuk berbagai gangguan pada siklus menstruasi.

so yang mana tipe PMS kalian, semua ini berguna buat semuanya hehehe.

peace…love…gaul…n respect…

My Chemical Romance – I Don’t Love You

yup ini salah satu lagu yang lagi hits d kamar kosan gw ma dwi. lagu selalu terdaftar dengan istimewanya di chart playlist kompi bapuk tersayang gw (hehehehe)

My Chemical Romance – I Don’t Love You

Well when you go
Don’t ever think I’ll make you try to stay
And maybe when you get back
I’ll be off to find another way

When after all this time that you still owe
You’re still, a good-for-nothing I don’t know
So take your gloves and get out
Better get out
While you can

When you go
Would you even turn to say
“I don’t love you
Like I did
Yesterday”

Sometimes I cry so hard from pleading
So sick and tired of all the needless beating
But baby when they knock you
Down and out
Is where you oughta stay

And after all the blood that you still owe
Another dollar’s just another blow

So fix your eyes and get up
Better get up
While you can
Whoa, whooa

When you go
Would you even turn to say
“I don’t love you
Like I did
Yesterday”

Well come on, come on

When you go
Would you have the guts to say
“I don’t love youWell when you go
Don’t ever think I’ll make you try to stay
And maybe when you get back
I’ll be off to find another way

When after all this time that you still owe
You’re still, a good-for-nothing I don’t know
So take your gloves and get out
Better get out
While you can

When you go
Would you even turn to say
“I don’t love you
Like I did
Yesterday”

Sometimes I cry so hard from pleading
So sick and tired of all the needless beating
But baby when they knock you
Down and out
Is where you oughta stay

And after all the blood that you still owe
Another dollar’s just another blow

So fix your eyes and get up
Better get up
While you can
Whoa, whooa

When you go
Would you even turn to say
“I don’t love you
Like I did
Yesterday”

Well come on, come on

When you go
Would you have the guts to say
“I don’t love you
Like I loved you
Yesterday”

I don’t love you
Like I loved you
Yesterday

I don’t love you
Like I loved you
Yesterday
Like I loved you
Yesterday”

I don’t love you
Like I loved you
Yesterday

I don’t love you
Like I loved you
Yesterday

Daniel Sahuleka’s – you make my world so colorful

lagu ini gw dedikasikan untuk semua orang yang sudah membuat dunia and hidup gw lebih berwarna baik itu keluarga, sahabat, teman and yang mengenal gw. karena kalian gw jadi seperti ini bisa lebih menghargai hidup dan menjalaninya dengan pemikiran-pemikiran yang tidak sempit lagi seperti dulu (maksudnya bisa lebih freak gitu diluar kebiasaan pemikiran gw hehehhe). seperti lagu dibawah ini kalian membuat hidup gw lebih berwarna (hayahlebai deh)

Daniel Sahuleka’s – you make my world so colorful

Morning sun shines in our room
Now that gloom will back in 2.
automn start just ‘day with a smile and last on my beautful love one
whose lying besides me

you’re so far away in your sleep
who can tell what dream you may dream
you dont know that i was drawing with my finger on your sweet young face.
makes a meaning words

Reff :
you make my world so colorful … I’ve
never had it to good
my love, I.. thank you for all the love u gave… to me… (2x)

like a summer rises up
like a grow you bring me near
and i kiss ur lips so sweet
soft like a rain and
gentle like a morning dew in may

though they said that i was wrong
but thx god my will so strong..
I got you in the palm of my hand
baby they try to put me on
but I let they become (?! this part is scrambled?!)
surprised to heard that I love .. ?

back to reff*

don’t judge people by the cover

yup hari ini gw mau ngomongin soal masih banyak orang yang berpendapat bahwa suku A better then suku B or sebaliknya. ini hal yang gw ga suka dari dulu kalo baru kenalan ma orang pasti ditanya lo orang mana? dengan pasti gw jawablah “gw orang Indonesia githu, emang kenapa?” n tetep nanya iya ortu lo orang apa. yah sebenernya sih sah-sah aja kalo mereka nanya begono (hehehe).

satu hal lagi ada beberapa orang juga pernah bilang “eh tau ga orang dari suku X begini loch” or “orang dari daerah ini begitu loch”. kenapa sih masih ada aja yang beranggapan begitu padahal setiap orang kan berbeda karakter n perwatakan walaupun dia dari daerah yang sama tergantung lingkungan or banyak sebab lainnya, ya ga?. kita baru bisa mengenal orang tersebut kalau udah berinteraksi dengan mereka. and setelah gw bergaul dengan orang yang dibilang biginilah or begitulah nyatanya mereka malah sangat baik sama gw n ga kebukti omongan katanya itu, kan gw jadi binun yang mana yang bener (hehehehe picung deh gw)

ada lagi masalah lainnya, OK mereka boleh membanggakan daerah mereka masing-masing dengan segala kelebihan dan kebaikannya masing-masing, tapi please deh jangan ngomong begitu di depan orang dari daerah lain (kan bisa menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan nantinya).

SO jangan menilai orang dari covernya aja, dari dari mana dia berasal, or dari omongan katanya orang. boleh lo denger kata orang daerah ini apalah itu tapi jangan menjadikan hal tersebut sebagai suatu batasan dalam bergaul sebelum kita mengenal orang tersebut secara langsung.

yah itulah salah satu yang selama ini kepikiran ama gw n sempet bikin gw gregetan beeng. tapi maaf ya kalo ada yang tersinggung (peace ah) ini cuma tulisan yang terlintas diotak gw.

bagaimana dengan pendapat kalian?

peace….love….gaul….n respect

welcome new semester, welcome keribetan

setelah holiday yang sangat panjang dari juni ampe agustus akhir. sebentar lagi di awal september bakal memulai rutinitas gw di bangku kuliah yang sebenernya dah males buat kuliah, tapi apa daya demi menunjang kehidupan yang lebiih baik di masa depan ;))

untun selam liburan gw ada banyak kegiatan dari yang coba2 ngelamar kerja, test psikotes di tempat kerja, test wawancara, yang paling banyak kegiatannya sih mencoba berbisnis kecil2an yaitu membuat boneka dari kain flanel yang sepertinya sebentar lagi bakalan balik modal (aminnn)

and kayaknya semester 3 di ekstensi ini gw bakalan ribetn pusiing  beeng coz sepertinya semua mata kuliahnya berat2. semester ini gw harus berjuang keras biar dapet IPK yang Bagus biar bisa skripsi (mata penuh harap hehehehe).

tapi yang pasti dunia kuliah gw ini bakal menjadi kenangan yang ga bakal gw lupain seumur hidup gw n bakal jadi cerita buat anak n cucu gw kelak (duuh sok tua dah lo hehehehe). peace ah 😉

Peace…Love…Gaul…respect….

deadline mulu nih yang mesen

fuih hari ini gw dapet orderan yang dealine hari minggu pagi dah harus jadi (picek dah mata gw hua..hua…). demi orderan n balik modal gw harus ninggalin yang lain dulu hikz..hikz.. maaf ya yang lain yang dah mesen gw tunda dulu hehehehe.

« Older entries